Keistimewaan orang yang sabar

Di posting oleh Rizki30 pada 03:34 PM, 09-Apr-13

Di: Motivasi , Perbuatan baik

Assalamu'alaikum wr.wb

Apa kabar sobat mwb? Gi mana nih.. Keadaan di duta, semoga.. Menjalani hari-hari yang menyenangkan.
pada postingan sebelum nya saya telah membahas tentang 10 macam dosa besar menurut al quran.xhtml nah pada kali ini saya akan membahas tentang Keistimewaan orang yang sabar

orang%2Bsabar.jpg

Sabar menurut bahasa berarti menahan dan mengekang. Di antaranya disebutkan pada QS.Al-Kahfi [18]: 28 “Dan tahanlah dirimu bersama dengan orang-orang yang menyeru Rabbnya di pagi dan di senja hari dengan mengharap keridhaanNya, dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka.” Kebalikan sabar adalah jaza’u (sedih dan keluh kesah), sebagaimana di dalam firman Allah QS. Ibrahim [14]: 21, “…sama saja bagi kita mengeluh ataukah bersabar. Sekali-kali kita tidak mempunyai tempat untuk melarikan diri.”

Siapa saja yang membaca INNA LILLAHI WA INNA ILAiHI ROJIUN ( انا لله وانا اليه راجعون ) dimana sedang mendapatkan musibah,itu menandakan orang yang sabar.Jadi senan tiasa kita harus bersabar setiap kali mendapatkan musibah atau cobaan dari allah karena sesungguhnya allah bersama orang-orang yang sabar Innallaha maas shobirin.
Keistimewaan bagi orang yang sabar diantaranya:

* · Pertolongan allah terhadap orang yang sabar.
* · Muqarrobah terhadap allah.
* · Rasa tentram hati mutmainah qulub
* · Dan bagi orang-orang yang sabarbakal dimasukan nya mereka kedalam surga.

Lantas bagai mana buat kita jika melihat orang yang terkena musibah? Kita diwajibkan untuk menghiburnya agar mereka bersabardan merasa gembira tidak bersedih hati.

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikitketakutan, kelaparan, kekuranganharta, jiwa dan buah-buahan. Danberikanlah berita gembira kepadaorang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun" (QS. 2 ayat 155-156)

Allah munguji kita supaya bersabar dari setiap ujian atau musibah yang datangnya tidak kita kehendaki baik dari orang-orang terdekat,sahabat,kematian,bencana alam,dll.

1. Tidak membalas kejahatan.
Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar. (QS. 16 ayat 126)

2. Membalas kejahatan dengan kebaikan.
Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itutidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dantidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar. (QS. 41 ayat 34-35)

3. Tidak bersedih hati terhadap orang yang jahat dengan kita dan tidak bersempit dada menghadapi tipu daya mereka Bersabarlah
(hai Muhammad) dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah dan janganlah kamu bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan janganlah kamu bersempit dada terhadap apa yang mereka tipu dayakan. (QS. 16 ayat 127)

4. Tidak gelisah terhadap orang yang membenci kita.
Dan bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar dan sekali-kali janganlah orang-orang yang tidak meyakini (kebenaran ayat-ayat Allah) itu menggelisahkan kamu. (QS. 30 ayat 60)

5. Tabah menghadapi segala ujian.
Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah). (QS. 31 ayat 17) 6. Tidak lemah karena bencana, tidak lesu, dan mudah menyerah Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut (nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar. (QS. 3 ayat146)

Allah memberikan jaminan buat orang-orang yang sabar di antaranya adalah:

1. Surga
Dan Dia memberi balasan kepada mereka karena kesabaran mereka (dengan) surga dan (pakaian) sutera,(QS. 76 ayat 12)

2. Keselamatan.
(sambil mengucapkan): "Selamatlah atas kamu karena kesabaranmu". Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu. (QS. 13 ayat 24)

3. Dihancurkan musuhnya dan diberikan kebaikan.
Dan Kami pusakakan kepada kaum yang telah ditindas itu, negeri-negeribahagian timur bumi dan bahagian baratnya yang telah Kami beri berkah padanya. Dan telah sempurnalah perkataan Tuhanmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Israil disebabkan kesabaran mereka. Dan Kami hancurkan apa yang telah dibuat Fir'aun dan kaumnya dan apa yang telah dibangun mereka (QS. 7 ayat 137)

4. Diberikan balasan dua kali.

Mereka itu diberi pahala dua kali disebabkan kesabaran mereka, dan mereka menolak kejahatan dengan kebaikan, dan sebagian dari apa yang telah Kami rezkikan kepada mereka, mereka nafkahkan. (QS. 28 ayat 54)

5. Allah akan selalu menjaganya.
Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamubangun berdiri (QS. 52 ayat 48).

sekian postingan kali ini, semoga kita senantiasa bersabar dalam menjalani cobaan atau masalah, walau seberat apapun. AMIN..
sumber

Wassalamu'alaikum wr.wb

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

44 tanggapan untuk "Keistimewaan orang yang sabar"

Rizki30 pada 04:10 PM, 09-Apr-13

Orang sabar di sayang Allah.swt cheesy-grin

http://rzk-30.mywapblog.com/keistimewaan-orang-yang-sabar.xhtml

Ilman putara newbi pada 04:22 PM, 09-Apr-13

mau tak amankan dulu,

tanks infonya,
Sipp lanjutkansmilesmilesmile

ijin nitip lapak ya dikit

new pots : opera mini 4 black edition dan opera mini 4 labs handler.jar

http://ilman.heck.in/download-opera-mini-4-black-edition-hand.xhtml

MRoby pada 06:20 PM, 09-Apr-13

Kunjungan Tengah Malam Master.

Mantap Nich Infonya.

http://mrobylvs06.yu.tl/

Ryan Cyber Blog pada 06:41 PM, 09-Apr-13

kunjungan sob...!!!

Kalau jaman sekarang, mana ada orang yg sabar...!!!

Paling cuma segelintir orang saja

http://wonosarizone.mywapblog.com/convert-subtitle-offline-dengan-aplikasi.xhtml

Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel xX0Xx pada 07:11 PM, 09-Apr-13


smilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmile
orang sabar banyak hikmahnya gan.mksh smilesmilesmile.Ditunggu kehadirannya & kunjungan baliknya ya

http://serpihanfb.mywapblog.com/faedah-doa-nurbuwat.xhtml

http://serpihanfb.mywapblog.com/banyak-dunia-dan-dunia-paralel.xhtml

Ismaya Nilakendra pada 07:12 PM, 09-Apr-13

Assalamualaikum......., kunjungan dini hari gan. emang kesabaran di perlukan untuk menghadapi hidup sekarang ini. sabar sabarlah memilah mana yang benar dan mana yang batil

hitzfild pada 08:50 PM, 09-Apr-13

nyimak bro

xtream pada 09:31 PM, 09-Apr-13

tausiyahnya muantef

Gilang pada 09:43 PM, 09-Apr-13

Assalamu'alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh.
Setia untuk hadir sobat.
Nyimak nih.
Penyampaian dengan ayat Alqur'an sungguh lebih dapat dipahami daripada tidak.banyak juga ayat keterangan tentang sabar.
Rilisan post sobat selain cakep tentunya juga siiip yahut(bagus sobat) bermanfaat.
Terimakasih telah berbagi.
Salam damai dan persahabatan.
Mengingatkan:
Follow juga blog GMB nya ya sob jikalau belum.
Wassalamu'alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh.

Emma Wuddan pada 10:34 PM, 09-Apr-13

kunjungan pagi,,
thanks dah berbagi
nice post aja smile

sukses slalu!

http://wuddan.mywapblog.com/

Bintang pada 10:35 PM, 09-Apr-13

​انشـــــاء الله
Anee sabaar... smile
blogwalking gan

Http://bipmedia.blogspot.com

Dokay pada 11:47 PM, 09-Apr-13

assalaamu'alaikum.
kunjungan diplomatik kawan,

di simak dulu yaaa

дLdi ядмдdhдп pada 01:04 AM, 10-Apr-13

musti sabar nih saya menghadapi cobaan,, mksh buat info-nya

Fadli 1933 pada 01:25 AM, 10-Apr-13

Kunjungan pagi sob
Bersabar tentu sulit kalau ga kuat

δiзиб ряздкнзя pada 02:24 AM, 10-Apr-13

Hadir gan ni baru bermanfa'at gan ,,
Ane juga lagi latian kesabaran smile

Sukses selalu gan ..

Kunbal :

http://www.zyn.id1945.com/merubah-tampilan-hp-menjadi-windows-xp.xhtml

supari end pada 03:04 AM, 10-Apr-13

kunjungan pagi shobt blogwalking neh gan sambil nyari info sambil ninggalin jejak di blog mu mampir ya gan

cakrajaya pada 05:03 AM, 10-Apr-13

Nice post sob,mampir ya ke blog ane smile smile

keroro pada 05:05 AM, 10-Apr-13

kunjungan siang sob
Nice post

Arlhana pada 05:05 AM, 10-Apr-13

BETUL MASTER SABAR MEMANG SANGAT DI BUTUHKAN BAGI SETIAP ORANG....

riniwp pada 05:10 AM, 10-Apr-13

Wa'alaikumsalam
Aku usahakan selalu sabar..
Makasih dah diingatkan.

Penyair Jalanan pada 06:32 AM, 10-Apr-13

Kunjungan siang gan mau silaturahmi, ikut nyimak aja okebiggrin

kunbal ya gan biar ga slek, hahaybiggrinbiggrin

Widiarko Adis pada 09:03 AM, 10-Apr-13

Assalamu'alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh.

kunjungan siang sob right-arrowWIDIARKO
hadir Keblog Sobat Untuk sekedar mencari Info gratisan..info game terbaru..info mp3 terbaru..info teknologi..info tutorial CSS..info Tutorial MWB dAn info2 lainya yang bikin saya nambah pengetauan dan bikin saya jadi pinter krena saya masih bodoh dan masih harus banyak belajar dari para master...

kutunggu hadirmu sob di blog saya...

Wassalamu'alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh.

HARTONO pada 09:59 AM, 10-Apr-13

Kunjungan gan cool
Ikut meramaikan aja sob mrgreen

Sukses selalu untuk blog & adminnya smile

Di Tunggu KUNBAL nya, Ada New Post :

http://hartonoargum.mywapblog.com/cara-membuat-teks-area.xhtml

Phejhenkbocahrantau pada 10:27 AM, 10-Apr-13

Kunjungan sore mazt brow sambil ngopi sambil berselancar ria disore ini dan juga pengen bersilahturahmi tentunyabiggrin

Abdul Aziz Syah pada 10:29 AM, 10-Apr-13

ijin pollow pak , ditunggu kunbalnya di
http://catatanaziz.pun.bz/elsa-ngambek-lagikah-seketika-dapat-angp.xhtml#comments

G Dhe Einstein pada 12:31 PM, 10-Apr-13

Kunbal aja ni sob

Muhammad Haikal pada 04:42 PM, 10-Apr-13

seperti biasanya....

kunjungan tengah malam....
Untuk mengundang sobat ke blog ku.... Ada 2 post baru, dikomen ya....
tanpa kehadiran sobat.. Blog saya tdk ada apa apa nya...
Thanks

http://mhaikal.mywapblog.com/inilah-5-minuman-alami-pencegah-racun-da.xhtml

http://mhaikal.mywapblog.com/4-alasan-paling-bullshit-buat-putus.xhtml

kang oemar pada 11:41 PM, 10-Apr-13

innaAllaha Ma'ashobirin..
biggrin

lisa nel pada 02:45 AM, 11-Apr-13

kunjungan pagi sob..smile

GamePlay pada 07:44 AM, 11-Apr-13

keren sob postingan kamu biggrin
mampir ya ke blog ku mrgreen
http://gameplay.pun.bz

denz el syadzyly pada 07:46 AM, 11-Apr-13

innallaha ma'ash shaabiriin..nice post sob

POETIC IDOZ pada 08:06 AM, 11-Apr-13

Nice postsmile
bermanfaat gansmile

Fauzie Mobile Games pada 08:32 AM, 11-Apr-13

hadir sob…

di tunggu kunbal nya

Zetsu pada 08:50 AM, 11-Apr-13

Ciplah gan
mampir ke gubux ane ya bro ada new postbiggrin

iiyiieyiiex pada 08:53 AM, 11-Apr-13

terkadang kita tidak bisa menahan sabar ya sob
tapi klau selalu ingat kepada allah rasa sabar itu datang dengan sendirinya.
artikel yg sangat bermanfaat sob untuk saya yg mengingatkan saya untuk selalu sabar.
smile
menurut sy isi artikel yg kaya gini sangat penting untuk di baca.

iiyiieyiiex pada 08:53 AM, 11-Apr-13

terkadang kita tidak bisa menahan sabar ya sob
tapi klau selalu ingat kepada allah rasa sabar itu datang dengan sendirinya.
artikel yg sangat bermanfaat sob untuk saya yg mengingatkan saya untuk selalu sabar.
smile
menurut sy isi artikel yg kaya gini sangat penting untuk di baca.

Muktiez pada 11:13 AM, 11-Apr-13

Amiiin ya Allah
semoga kita termarsuk orang orang yang sabar.

Kunjungan perdana sob, saya suka postnya.
Ga sibuk mampir n ditunggu komentnya
.terimakasih.

yardiantodachi pada 11:45 AM, 11-Apr-13

Assalamualaikum sahabatku.....dengan penuh kerendahan hati saya baca bait demi bait artikel sobat , jujur saya baru tau keutamaannya orang sabar , terima kasih sahabatku sudah berbagi ilmu , satu lagi blog sudah saya follow kalau sahabat berkenan folback di nanti

Rahmad Triaji pada 11:46 AM, 11-Apr-13

kunjungan balik mas bro. .
Skalian lapor klw follow sukses,d tnggu follbackny. . cheesy-grin

Gudhel Gumbril pada 02:18 PM, 11-Apr-13

hadir dlm damai...
Menyimak postingan yg bermanfaat...
Lanjut terus kreasimu..

monavita lestari pada 09:04 AM, 18-Jun-13

postingan nya bermanfaat sekali,tapi sayang kurang lengkap

nita pada 09:41 AM, 12-Sep-13

mudah-mudahan aku jdi orang sabr,apapu pun permasalahan'y

Maria pada 07:48 AM, 08-Oct-13

sore,<br /><br /><br />
saya memiliki banyak teman yang kadang baik d depan saja namun dibelakang saya mereka jahat.. saya mengetahui hal tersebut maka, sikap yang harus saya ambil bagaimana agar hubungan pertemanan kita tetap baik

ahmad alfurqon pada 03:55 AM, 22-Jul-14

mudah-mudahan kesabaran keluarga kami dngan mengingat nama ALLAH SWT, dapat membuka pintu hati ye orang jahat yg menzholimi keluarga kami, walaupun ape yg terjdi yg di buwat oleh orng jahat.

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar